Home | Profile | News | Product | About Water | Blog | Links | Download | Faq ? | Contact Us

Friday, December 25, 2008 8:03 PM

Sebagai pembeli awam tentu sedapat mungkin memperoleh harga yang benar-benar murah sesuai dengan nilai rupiah yang harus dibayarkan… tentu anda setuju bukan …
Memang ini merupakan dilema, baik dari pelanggan atau penjualnya…. Tetapi agar konsumen ingin melakukan instalasi dengan harga benar-benar murah tentu satu-satunya cara yaitu :
dengan melakukan instalasi sendiri, pasang/rakit sendiri dan semuanya diurus sendiri hingga pemasarannya pun dengan cara sendiri .....
tetapi masalahnya apakah dengan cara tersebut benar-benar bisa lebih hemat,?????
Hemat dalam artinya adalah hemat tidak dari segi uang/materi tetapi hemat sehingga bisnis akan lebih cepat berkembang dengan cepat pengembalian investasi pun sesuai yang diharapkan.

Bagaimana solusinya
Membeli Suatu usaha FRANCHISE A… tentu kita setuju untuk yang satu ini … kadang-kadang kita berfikir bahwa Franchise A terlalu mahal … kalau dihitung dengan uang … lalu kita bangun seperti usaha seperti Franchise A tersebut tetapi setelah dijalankan hasilnya tidak sebaik bila kita membeli FRANCHISE A mengapa ???

Ya... sekali lagi, ini adalah BISNIS bukan membeli barang .... Karena sebuah usaha perlu memegang prinsip PEMASARAN sebagai berikut :

PRODUK + PROMOSI + PLACE DISTRIBUTION + PRICE

Keempat aspek yang harus selalu dipertimbangkan
tanyalah dari berbagai sumber ... mengenai bisnisnya ....

PRODUK = Buatlah produk yang memiliki nilai tambah dibandingkan kompetitor misalkan sudah banyak tempat isi ulang ... kalau kita buat produk isi ulang yang sama dengan kompetitor terdekat kita jangan harap penjualan bisa meningkat dengan cepat. Bila hanya menggunakan sistem UV dan Ozone, tambahkan teknologi yang lebih baik misalkan menggunakan Ultra Filtrasi 0.01 mikron

PROMOSI = Lakukan promosi, buat outlet lebih menarik dari tempat kompetitor.... kalau sama saja jangan harap anda ingin kaya dengan membuka usaha air minum isi ulang ini. Sebarkan brosur dengan desain yang menarik dengan penyusunan kata-kata yang menjual tetapi tidak berbohong ...

PLACE DISTRIBUTION = Lokasi juga menjadi hal utama dalam peningkatan penjualan yang cepat, seperti tempat-tempat padat penduduknya, tempt-tempat dimana air memiliki kondisi yang jelek dll. Cepat dalam pengiriman pesanan juga sebagai pertimbangan . dalam menjual air ada hal yang perlu diingat ” Menjual air adalah pelayanan ” karena air tidak tergantikan dan merupakan kebutuhan pokok yang paling pokok.

PRICE = Sekali lagi penetapan harga yang pantas dan pas ... tidak selamanya menjual dengan harga murah lebih untung daripada menjual harga mahal .... ini adalah pengalaman kami diberbagai daerah..

dengan tempat yang bagus, kemasan yang menarik harga jual 8.000 / galon pun bisa menghasilkan omset 400 galon perhari bila dihitung 3.200.000 omset perhari x 25 hari kerja = maka omset sebulan 80.000.000 dari uang tersebut biaya operasional perusahaan mencapai 30.000.000/bulan jadi keuntungan bersih yang bisa dibukukan +/- 50.000.000,- nah menarik bukan ..... nah coba anda bayangkan bila menjual dengan harga 3.500/galon berapa yang harus dijual untuk menghasilkan keuntungan seperti diatas ... setelah kami hitung sehari harus menjual 1.028 galon ... tentu untuk mendistribusikan penjualan tersebut biaya operasional meningkat .....

Nah sekarang tinggal pilih mau jual seperti apa ... ini sangat tergantung dari pilihan kita dalam menentukan kearah mana target pasar yang akan kita ambil ....

Banyaklah bertanya mengenai bisnis ini .... bukan fokus kepada barangnya ...
Mengapa saya tekankan banyak bertanya mengenai bisnisnya.... ? ya ... karena itulah intinya...
Anda ingin bisnis dan menghasilkan uang ... bukan
dan barang atau produk hanyalah kendaraannya saja .... tinggal anda pilih kendaraan yang sesuai, betul tidak ....
Bila telah paham dan mengerti seharusnya bisnis air ini dijalankan, lakukan langkah selanjutnya ....

Bila anda ingin membuat sebuah isi ulang buatlah sesuatu yang berbeda seperti prinsip PRODUCT tadi di tempat atau lingkungan dimana anda ingin buka ... bila anda ingin membuat sebuah pabrik air minum dalam kemasan buatlah air minum yang memiliki nilai tambah dibandingkan dengan air minum yang sudah ada....

”Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.”

Untuk itu tanyakan lah kepada perusahaan yang terbiasa memasang sistem seperti itu ... konsultasikan .... cara menjual tips & trik menjual... pengemasannya, perijinannya, prospeknya serta peluang keberhasilannya
.... karena Anda ingin berbisnis bukan Cuma membeli sekedar membeli barang saja bukan.

jangan membeli produk biasa karena peningkatan penjualan akan sulit....atau sekedar murah tetapi anda tidak bisa bertanya atau berkonsultasi dengan penjualnya mengapa???
Karena penjualnya sendiri tidak punya isi ulang .... jadi Cuma tahu pasang mesin saja ...

Banyak kita lihat isi ulang dibangun dengan hanya mengejar omset saja atau telah menggunakan teknologi Reverse Osmosis tetapi asal saja atau sekedar RO saja ... dan tidak memperhatikan keamanan konsumen.
tanpa memperhatikan aspek pemasarannya seperti bagaimana suatu tempat isi ulang itu dibangun sehingga menarik pembeli, teknologi terbaik yang digunakan (percuma saja punya teknologi bagus tetapi pelanggan kita tidak tahu) akhirnya pengembalian modalnya pun lama ... nah hal ini juga bisa menjadi perhatian.

Bila kita awam dalam bidang teknologi dan penyaringannya... dan ingin membeli produk sebaiknya dari sumber-sumber yang paham dalam melakukan instalasi sistem sesuai kebutuhan seperti uraian dibawah ini :

  1. Bila anda ingin membuat isi ulang atau sistem air minum dalam kemasan belajarlah dahulu .... karena harga termurah bukan merupakan barang yang benar-benar murah karena anda ingin melakukan bisnis ... bukan sekedar membeli suatu barang dan selesai ... tanyakan hal-hal seperti berikut :
    1. Jangan segan tanyakan pengalaman isi ulang seperti apa yang telah dikerjakan, lihat gambarnya atau bila memungkinkan ada waktu kunjungi tempat yang pernah dipasang. Bila tidak ada referensi atau perusahaan tersebut tidak bisa memasangnya berarti anda sedang mempertaruhkan bisnis anda antara barang memang benar-benar murah atau barang murahan. INGAT...! anda ingin berbisnis bukan sekedar membeli barang saja .... jadi belilah produk dan media filter yang berkualitas dan tahan lama.
      Untuk mendapatkan harga murah terkadang tidak sedikit seseorang membeli suatu produk ditoko-toko, dimana toko tersebut bahkan belum pernah melakukan instalasi sendiri mesin air.

”...jadi tanyalah kepada perusahaan yang pernah membuat karena akan diberi informasi yang benar bukan hanya menjual  tapi tidak pernah membuat”.

”........ yang lucunya teman saya seorang teknisi juga pernah mengunjugi sebuah toko filter air tetapi pada saat dia coba tanyakan apakah menjual filter Ultra filtrasi 0.01 mikron, toko tersebut salah menunjukkan barang yang dimaksud...”  

bagaimana bila hal ini terjadi dengan Anda ???... hal ini menjadi semakin bermasalah bila konsumennya mau membeli sistem air minum dengan standard AMDK, hasilnya pembeli tersebut mendapatkan harga termurah tetapi begitu diproses untuk dijadikan standar AMDK sistem yang telah terpasang harus dirubah sana-sini belum lagi karbon aktifnya yang tidak memiliki sertifikasi dan spesifikasi yang telah terstandard sehingga medianya pun harus diganti, akhirnya konsumen yang  telah membeli dengan  harga murah malah membeli dengan harga yang terlalu mahal karena membeli 2 kali . Jadi gara-gara membeli harga murah malah 2 kali rugi ...  RUGI Materi uang dan RUGI Waktu karena harus bongkar/ubah sana sini.

”terkadang sistem filterisasi dengan harga 30jt bisa menjadi lebih mahal dari filter dengan harga 40 jt mengapa ? .... karena semuanya dilihat berbagai aspek pemasaran, dukungan konsultasi, waktu, daya tahan mesin, display (display yang bagus dan menarik lebih memudahkan kita untuk menjual dalam jumlah yang lebih besar dalam waktu yang lebih singkat) ini terjadi pada beberapa konsumen kami .... bahkan ada yang berani mengeluarkan dana hingga 150 juta untuk instalasi mesin serta promosi tetapi balik modalnyapun lebih cepat dibandingkan yang mengeluarkan dana 30 jutaan padahal keduanya pada awal berdirinya tidak punya pelanggan yang pasti ”

    1. Sesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Banyak dari konsumen kami datang dengan keinginan untuk mendirikan air minum kemasan (AMDK), mereka ingin lain dari yang sudah ada dan tidak mau seperti isi ulang... tetapi budget yang kami terima kurang dari 100 juta .... hal tersebut adalah tidak mungkin .... tentu hal ini perlu dibicarakan dan diungkapkan sejujurnya mengapa ? karena untuk mendirikan AMDK ada serentetan prasyarat yang harus dipenuhi sehingga tidak mungkin untuk dilaksanakan ... seperti LAB, syarat sekat ruang, mesin air dan prosesnya, perijinan IUI dan turunannya, dll.
    1. Bahan media sebaiknya menggunakan import saja lebih jelas kualitasnya, bila ingin menggunakan lokal ... tanyakan hasil lab media tersebut atau bahkan sertifikasi  apakah ada...? bila toko tersebut tidak dapat menunjukkannya lupakan saja untuk membelinya.

 

  1. Murah itu sebaiknya seperti apa ??? ada 3 aspek yang dapat kita katakan murah ...
    1. Konsultasi GRATIS .... anda dapat informasi dari yang telah melakukan instalasi dengan referensi tertentu.
    2. Memperhatikan aspek pemasaran dan kualitas output air dan mesin... sehingga sedikit mahal sekarang menjadi sangat murah bila mesin telah beroperasi dimasa datang ....

Banyak konsumen bertanya pada kami untuk mesin RO kapasitas 60 galon, dimana kami menjual dengan harga 4.6 juta ... banyak yang bertanya pak... kok mahal yaa... selidik punya selidik ternyata produk pembanding kami yang lebih murah memiki spesifikasi yang kami anggap timpang dimana perbandingan air hasil 60 galon tetapi air buang Cuma 40 galon sehingga umur membran pun tidak lebih dari 2-3 bulan sedangkan kami memiliki mesin dengan air hasil  sama 60 galon tetapi air buang hingga 120 galon .... jelas untuk mesin kami memerlukan pompa yang lebih besar dan spesifikasi yang lebih tinggi tetapi membrane awet dalam jangka panjang sehingga akhirnya dihitung jangka panjang pembeli tersebut bukan membeli barang murah tetapi barang murahan pada akhirnya membeli masalah karena harus mengganti membrane terus menerus ....

”tanyakan apakah sistem Reverse Osmosis yang anda beli bergaransi dan membrane Reverse Osmosis juga bergaransi... bila tidak, anda membeli ditempat dimana orang tersebut pun tidak yakin apa yang mereka jual, walau saja sistem mesin tersebut kelihatan tidak masalah tetapi mungkin saja telah melanggar standar dan syarat seharusnya sistem membrane terinstalasi... yah setidaknya 1 bulan dari pembelian juga boleh minta garansi tapi kalau gak mau juga walau dengan syarat... sebaiknya jangan beli kecuali anda seorang teknisi filter air juga .....karena kami menggaransi membrane 6 bulan untuk sistem yang kami pasang/instalkan untuk pelanggan kami....”